Tuesday, May 10, 2011

Microsoft Segera Ambil Skype USD 7 Miliar

Tuesday, May 10, 2011
Microsoft tiba-tiba menusuk ke baris terdepan dalam perburuan Skype. Perusahaan TI milik Bill Gates itu dilaporkan tinggal menunggu waktu untuk merampungkan perjanjian mengakuisisi Skype dengan nilai transaksi lebih dari USD 7 miliar.

Tentu saja ini menjadi kabar mengejutkan. Pasalnya, selama ini isu pengambilalihan Skype selalu diramaikan oleh campur tangan Facebook dan Google.

Dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (10/5/2011), The Wall Street Journal yakin bahwa ini adalah isu yang bisa dipercaya. Sebab dibocorkan oleh sumber yang dekat dengan mereka yang berkepentingan. Pengumuman pencaplokan Microsoft atas Skype ini sendiri disebut-sebut tinggal menghitung hari.

Jika memang benar tentu saja ini akan menjadi berita besar di ranah industri TI dan internet. Terutama bagi Microsoft, sebab ini akan menjadi langkah akuisisi korporat terbesar dalam 36 tahun sejarah produsen software raksasa itu.

Sayang, baik Microsoft dan Skype belum mau berkomentar.

Skype sendiri adalah situs penyedia layanan video call yang didirikan pada tahun 2003. Pada tahun 2005, eBay Inc membelinya dengan dana USD 3,1 miliar.

Hanya saja pada tahun 2009, eBay menjual sebagian besar sahamnya di Skype kepada grup investor yang terdiri dari Silver Lake, Canada Pension Plan Investment Board dan Andreessen Horowitz dengan nilai penjualan USD 1,9 miliar cash.

Untuk urusan pengguna, tahun lalu Skype telah menghubungkan 124 juta pengguna setiap bulannya. Namun 8,1 juta di antaranya merupakan pelanggan berbayar.
detikinet